Selasa, 12 April 2011

Makan Antidepresan SSRI kok Makin Cemas : Sisi Lain Paradoxical Anxiety

Jika anda menggunakan obat antidepresan golongan SSRI (Sertraline, Escitalopram, Fluoxetine) pada pengobatan gangguan panik, jangan heran jika ada yang malah semakin panik ketika makan obat ini. Hal inilah yang disebut sebagai Paradoxical Anxiety.
Penggunaan dengan dosis yang langsung dosis optimal sering menjadi pemicu keadaan ini. Misalnya jika anda langsung diberikan Cipralex (Escitalopram) 10mg, bukan kebaikan malah makin panik anda alami.
Dalam kepustakaan (Textbook of Psychopharmacology, APA Publishing 2009) mengatakan bahwa penggunaan obat antidepresan SSRI pada pasien gangguan panik memang seringkali menimbulkan efek tidak nyaman dan paling banyak disebabkan karena paradoxical anxiety ini. Maka dari itu disarankan untuk menggunakannya dengan prinsip "Start Low Go Slow".
Pernah ada suatu kejadian pasien yang berkonsultasi kepada saya yang semakin tidak enak setelah makan obat Cipralex dengan dosis 10mg. DIa merasa semakin panik dan sulit mengendalikan diri. Inilah yang disebut pradoxical anxiety.
Hal ini tentunya tidak berlangsung untuk semua pasien, ada beberapa pasien yang saya sering liat dari pengalaman sejawat dokter lain yang tidak masalah dengan dosis langsung optimal, namun saya selalu melakukan prinsip Start Low Go SLow untuk semua pasien saya.
Semoga menjadi pengetahuan buat kita semua
Salam,
dr.Andri,SpKJ
Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik RS OMNI, Tangerang
mbahndi@yahoo.com

2 komentar:

  1. Saya minum sertraline 50 mg 1x sehari bareng dengan xanax 0,5 dua kali sehari,apa itu sudah benar untuk mengobati gangguan cemas

    BalasHapus
  2. Mohon ada yang bisa menjawab
    nya trima kasih

    BalasHapus